top of page
Writer's picturecompanyboen

Analisis Pesaing/Kompetitor Produk Kecantikan/Skincare Scarlett Whittening dan Garnier

Updated: Jun 6, 2022


Scarlett Whitenning




Company Highlight : Scarlett Whitening merupakan perusahaan produk lokal perawatan kecantikan milik artis bernama Felicya Angelista yang baru saja berdiri pada tahun Scarlett Whitening diproduksi oleh PT. Motto Beringin Abadi, Bogor, Indonesia. Semua Scarlett Whitening telah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOMRI). . Scarlett merupakan salah satu Top Brand yang perawatan wajah dan mendapatkan peringkat ke 2 produk skincare terbaik pada tahun 2021 menurut https://compas.co.id.


Market Information

Scarlett Whitenning


1.Target Market Scarlett Whitening

Target Market dari Scarlett Whitening Target pasar produk ini adalah para wanita dan remaja pada usia 12- 23 Tahun .


Marketing Strategy

Scarlett Whitening

Teknik dari marketing Produk Scarlett memanfaatkan media sosial seperti sistem endorsement public figure atau selebgram dari media sosial Instagram kita ambil contoh Scarlett whitening bekerja sama dengan Anya Geraldine dengan pengikut 10,6 juta di Instagram pribadinya akan membuat peluang market yang besar dan besar kemungkinan teknik marketing ini berhasil . Dan menggunakan Store online shop seperti Shopee,Tokopedia dll.



Product Information



- Category Product

Category Product dari Scarlett Whitenning ini product ini menjual beberapa jenis produk yaitu :

· Scarlett Whitenning Body lotion. 50 %

· Scarlett Glowtenning Serum 25%

· Scarlett Whitening Acne Serum 25%


- Price Product

Harga dari Produk Scarlett Glowtenning Body Lotion ini Di Market Place Dibandrol dengan Harga Rp.57.000

Harga dari Produk Scarlett Acne serum ini Dibandrol dengan Harga Rp. 55.000 - 65.000

Harga dari Produk Scarlett Glowtenning Serum ini Dibandrol dengan Harga Rp. 75.000


Keunggulan : Produk Scarlett Whitening ialah diyakini cocok untuk banyak orang di Indonesia dan harga dari produk tersebut yang ekonomis dan dapat dijangkau banyak orang dan tidak jarang produk ini mengadakan Diskon pada produk mereka yang dimana itu sebagian dari bentuk loyalitas perusahaan kepada konsumen .


Pendapatan Produk Scarlet Whitening dalam 3 bulan Agustus ,september,oktober 2021 mencapai 7,8 Miliar Rupiah.



2. Garnier




1. Company Highlight Garnier

Garnier merupakan brand luar yang menyediakan banyak produk seperti perawatan wajah, rambut, hingga tubuh. Melalui semua produknya, Garnier membuktikan bahwa kandungan alam bisa dimanfaatkan dengan baik.

Market Information

Scarlett Whitenning



1. Target Market

Garnier


Target Market dari Scarlett Whitening Target pasar produk ini adalah para wanita dan remaja pada usia 17- 25 Tahun .


Marketing Strategy

Garnier


Media : - Menggunakan Media instagram Sebagai media atau strategi Marketing

- Promosi melalui iklan. Rangkaian Promosi MS Glow dibuat secara minimalis serta melihat loyalitas dari calon pembeli dengan meningkatkan kualitas produk. Selain itu, konsep iklan dibuat dengan nuansa soft dipadu nuansa harmonis. Serta merekrut beberapa public figure sebagai BA (Brand Ambasador ) .

- Dan promosi Melalui Endoresement atau kerjasama dengan SelebGram yang memiliki pengikut atau followers yang besar


- Product Information



Category Product


Category Product dari Garnier ini product ini menjual beberapa jenis produk yaitu :

· Garnier Whitenning Body lotion. 35%

· Garnier Glowtenning Serum 25%

· GarnierWhitening Acne Serum 40%


Price Product


· Garnier Whitenning Body lotion. RP.45.000

· Garnier Glowtenning Serum Rp.50.000

· GarnierWhitening Acne Serum Rp.50.000


Pendapatan Produk Ms.Glow dalam 3 bulan mencapai 37,38 Miliar Rupiah




Kesimpulan : Dilihat dari jenis whitening Body Lotion persentase produk terjualnya yang paling tinggi ialah produk Scarlett Whitening dengan persentase 50 % . dan dilihat dari produk ke 2 yaitu Glowtening serum persentase terbesar ialah Ms,Glow dengan persentase sebesar 35%, dan jika dilihat dari produk ketiga Acne serum perentase tertinggi ialah lebih unggul Produk Scarlett Whitening dengan persentase sebesar 45% dan jika dilihat dari harga produk produk yang menjadi saingan atau kompetitor ialah Antara produk Scarlett Whitening, Somethinc dan produk Garnier karena memiliki harga yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Ms. Glow yang dimana bisa mencapai 3 kali lipat dari harga produk ketiga saingan nya .jika dilihat dari Target marketnya dari ke 4 produk ini target marketnya sama yaitu dengan rata rata usia 17 tahun keatas atau bisa dibilang dengan kelas remaja keatas ,dari segi promosi atau Market Strategy produk dari ke 3 kompetitornya Scarlett Whitening ketiga kompetitornya sama sama menggunakan teknik menggunakan jasa Endoresement lewat Instagram dan menggunakan atau merekrut Public Figure sebagai BA dari produk terebut dan keunggulan dari Market Strategy produk Scarlett ialah mereka menggandeng atau bekerja sama dengan salah satu Aktor terkenal Korea yang sangat populer yang memiliki penggemar yang rata" nya adalah remaja Aktor tersebut yaitu Song Joong Ki dengan kehadiran Song Joong Ki ini membuat naiknya penjalan produk Scarlett Whitening dan masuk kedalam Top brand Kecantikan pda 2021 .dan yang terakhir ialah dari segi pendapatan per tiga bulan yang dimulai dari bulan Agustus ,September,Oktober yang paling tinggi pendapatan nya ialah Ms ,Glow dengan pendapatan sebesar Rp . 8,37 Miliar penyebab pendapatan mereka paling tinggi dan menang dari kompetitornya yaitu Scarlett Whitening ialah karena produk dari Ms.Glow yang harganya bisa mencapai 3 kali lipat ketiga produk lainnya tetapi jika diliat dari Persenan penjualan Produk lebih stabil penjualan Scarlett Whitening dan pembagiannya lebih rata untuk ketiga produk tersebut .







70 views0 comments

Comments


bottom of page