top of page
Writer's picturecompanyboen

Kabupaten Samosir Sebagai Profil Potensi Unggulan Dalam Bidang Pertanian.




A. Profil Daerah :

1. Pendahuluan


Kabupaten Samosir merupakan pemekaran dari kabupaten induk yakni Kabupaten Toba (sebelumnya masih bernama Toba Samosir), yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai di Provinsi Sumatera Utara. Pembentukan kabupaten ini diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004 oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia. Namun, sejarah panjang Kabupaten Samosir, telah dimulai sejak tahun 1956, di mana wilayah ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Tapanuli Utara sebagai kabupaten induk yang kemudian dimekarkan menjadi beberapa kabupaten baru


Berbicara tentang Kabupaten Toba Samosir sangat banyak hal yang yang sangat menarik mulai dari daerah yang asri dengan perbukitan dan pegunungan yang sangat bagus dan Hasil Tani atau pernaian yang sangat bagus karena jenis tanah yang bagus akibat dari letusan gunung sinabung beberapa ratus tahun yang lalu yang mengakibatkan tanah sangat baik digunakan untuk pertanian dan cuaca disana yang sejuk dan curah hujan yang tinggi memebuat hasil pertanian menjadi baik dan subur .




A.Tujuan Penelitian


Dalam tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk mendapatkan data-data akurat seperti data kependudukan,potensi dan hasil pendapatan yang nanti semua dirangkum dan dapat dijadikan sebagai Country Report atau profil sebuah negara yang nanti sangat berguna bagi para pengusaha sebagai tempat investasi atau tempat usaha yang bagus.


B. Manfaat penelitian


Manfaat penelitian ini sendiri adalah sebagai referensi bagi para investor yang ingin membuka usaha dan membantu penyusunan Country Report


C.Alasan Pemilihan Daerah


Kabupaten Toba Samosir merupakan salah satu tempat di Sumatera Utara yang sangat indah dan mempesona.Keadaan pegunungan,Danau Toba dan daerah untuk pariwisata dan udara yang sejuk sering menjadi daya tarik masyarkat lokal dan mancanegara untuk kesana dengan tujuan berjalan-jalan atau menjalin usaha atau membuka relasi bisnis di daerah tersebut.Berbicara mengenai lebih dalam mengapa Toba Samosir atau Kabupaten Samosir menjadi alasan pemilihan daerah sendiri kerena luas wilayah nya yang sebagian besar masih asri dan berada di pegunungan.Lalu mayoritas pekerja disana kebanyakan berada di sektor pertanian,perikanan dan Sekotor Pariwisata


II. Umum


Dalam bagian kedua ini sendiri merupakan rangkuman data-data atau informasi bagaimana Kabupaten Samosir sendiri sebagai sektor Pariwisata yang baik dengan melihat beberapa faktor seperti :



A.Demografi


- Populasi


Berdasarkan data kependudukan pada 2021 bahwa penduduk Kabupaten Samosir sendiri berjumlah 141.982 dengan kepadatan sebesar 87,37/km2 (226,3/sq mi)


- Penduduk Menurut Usia






C. Ketenagakerjaan.



Keadaan angkatan Kerja tahun 2020

Bekerja= laki laki sebsar 43,76% sedangkan perempuan sebesar 56,24

Pengangguran = laki laki sebesar 61,65% sedangkan perempuan sebesar 38,35%

Bukan Angkatan Kerja = Laki laki Sebesar 55,16% sedangkan Perempuan sebesar 44,84%


D. Indeks Pembangunan Manusia




Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Samosir pada tahun 2021 sebesar 70,83 dan ini masuk dalam peringkat ke 17 di Sumatera Utara . Ipm tersebut dilihat dari 3 dimensi yaitu Dimensi Umur Panjang dan hidup sehat ,Dimensi Pengetahuan dan dimensi standard hidup layak.


- Dimensi Umur Panjang Dan Sehat




- Dimensi Pengetahuan




- Dimensi Standard Hidup Layak




E. Suku bangsa:


Mayoritas dan penduduk asli dari kabupaten Samosir adalah suku Batak Toba, sama halnya dengan kabupaten pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara saat ini yakni Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Toba. Selain itu, ada sebagian kecil yang merupakan suku terdekat Batak Toba, yakni Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Angkola dan Batak Pakpak. Ada pula sebagian kecil suku pendatang lainnya seperti Jawa, Minangkabau dan Indonesia, yang umumnya terdapat di kecamatan Pangururan, Harian, dan Simanindo.


F. Agama :

Mayoritas penduduk kabupaten Samosir memeluk agama Kristen, sebagian kecil beragama Islam. Suku asli di kabupaten Samosir yakni Batak Toba, umumnya memeluk agama Kristen Protestan dan sebagian memeluk Katolik, Islam dan kepercayaan asli suku Batak yaitu Parmalim. Berdasarkan data Kementerian


Data Pendukung Lainnya Seperti :


Tabel Jumlah Penduduk Setiap Kecamatan :


Berikut ini Jumlah penduduk dari 11 kecamatan di kabupaten samosir dari tahun 2016 - 2018 beserta jenis kelaminnya .


- Angka Harapan Hidup



B. Geografi

Berikut adalah letak Kabupaten Samosir beserta batas batas wilayah dan luas wilayahnya.:

Data Pendukung Lainnya :


- Keadaan Iklim Di Kabupaten Samosir dilihat dari Lokasi Stasiun Pengamatan yang berada di Sianjur Mulamula dan Sitiotio . Dilihat dari kedua daerah tersebut karena kedua daerah tersebut merupakan daerah yang cukup tinggi daripada daerah lainnya .


C. Sumber Daya Alam


- Pertanian :



Berikut ini adalah hasil pertanian di kabupaten samosir pada tahun 2017-2020.jenis tanaman lebih kepada buah buahan .


- Tanaman Biofarmaka


Terdapat 2 jenis tanaman Biofarmaka yang dijadikan komoditas di Kabupaten Samosir yaitu Jahe dan Lengkuas.



Berikut diatas ini Hasil dari Produksi Jahe dan lengkuas dari 9 Kecamatan di Kabupaten Samosir pada tahun 2019 - 2020 .



- Holtikultura



Tanaman Holtikultrura di 9 kabupaten samosir ada 2 yaitu bawang merah dan cabai merah maupun cabai hijau pada 2019 sampai dengan 2020 peningkatan terjadi di bawang merah pada tahun 2020 dan penurunan terjadi di cabai besar di 2020.



- Perkebunan


Berikut adalah data perkebunan pada tahun 2019 - 2020 Kabupaten samosir dari 9 kabupaten .



Terdapat 4 hasil perkebunan Kabupaten Samosir mulai dari Kelapa sawit,Kelapa ,Karet dan Kakao . Hail Perkebunan terbesar dari keempat ini ialah Karet .


- Kehutanan


- Luas Kawasan Hutan Kabupaten Samosir

Menuurut Dinas Kehutanan Kabupaten Samosir, kawasan hutan yang dimiliki Kabupaten Samosir terdiri dari kawasan hutan register seluas 42.765,11 hektar, kawasan hutan Inlijving 11,650.05 hektar serta Hutan Rakyat seluas sekitar15.705 hektar inlijving adalah Penyerahan tanah masyarakat kepada pemerintah Republik Indonesia untuk dijadikan kawasan hutan negara. Universitas Sumatera Utara 34

- Hutan Lindung

Luas Hutan Lindung Kabupaten Samosir sampai tahun 2005 adalah 24,608.84 hektar, yang tersebar di daratan Sumatera sebanyak 81 19,878.29 hektar dan daratan Samosir 19 4,730.55 hektar.Kawasan hutan lindung ini ditetapkan dari kawasan Inlijving sekitar 11,650.05 hektar dan kawasan register seluas 12,958.79 hektar Dinas Kehutanan Kabupaten Samosir.

- Hutan Produksi

Kawasan Hutan produksi di Kabupaten Samosir adalah seluas 24,688.42 ha, yang berada di kawasan Hutagalung register 41,kecamatan Harian dan termasuk ke dalam kelompok daratan Sumatera. Sedangkan hutan produksi terbatas seluas 5,117.90 hektar yang tersebar di kawasan Samosir register 43 dan 81, kecamatan Ronggur Nihuta dan Palipi.



D. Insfrastructure




Pada bagian infrastruktur sendiri dapat kita lihat digambar bahwa ada beberapa macam yang dapat dijelaskan seperti :


- Transportasi Transformasi sendiri sebagai akses ke Kabupaten Samosir sendiri dapat melalui perjalanan laut seperti kapal yaitu dari Dermaga ,selanjutnya ada Bandara yaitu Kualanamu Internasional Airport yang berada di Medan dan ada satu bandara baru yaitu bandara Silangit yang baru dalam beberapa tahun belakangan ini yang berada di Siborong Borong Pematang Siantar.

- Ruas Jalan

Ditabel dijelaskan bahwa ruas jalan sendiri mencapai 698,76km di Kabupaten karo yang biasanya jalan tersebut dilalui seperti Bus,Truck,dan Mobil Pribadi


- Energi Listrik

Kabupaten karo sendiri memiliki Energi Listrik terjual sebanyak 3,304,685/Mwh yang menandakan bahwa seluruh wilayah kabupaten merangkup kecamatan dan desa sepenuhnya sudah di aliri oleh Listrik.


- Unit Kesehatan dan Pendidikan

Di dalam gambar data terdapat 2 unit Rumah Sakit di Kabupaten Samosir dan terdapat 249 tempat pendidikan seperti sekolah (Sd,Smp,Sma/Smk) dan perguruan tinggi.


-PDAM

distribusi air minum di kabupaten samosir sebesar 1,019,098 M3


E. Prosedur dan peraturan/perijinan penanaman investasi dan pembukaan usaha








F .Keamanan




Maka dapat disimpulkan dari segi keamanan sendiri Kabupaten Samosir sudah ada hukuman atau peraturan tertulis yang bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang diluar hukum sendiri.Pasal-pasal tersebut berlaku hingga sekarang dan dibuat dengan penuh pertimbangan dari pihak-pihak yang bertangung jawab



G. Perpajakan


Perpajakan secara langsung diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia lewat UU No.78 Tahun 2019 Tentanf Fasilitas Pajak Penghasilan Untuk Penanaman Modal Di bidang Usaha Tertentu Dan /Atau di Daerah - Daerah Tertentu.



H. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB)



Dalam pertumbuhan indeks harga implisit PDRB sendiri bahwa Kabupaten Samosir mengalami naik turun dari data 3 tahun yaitu 2019-2021 dimana penurunan terjadi yaitu diantara 2019-2020 dan kenaikan terjadi 2020-2021


- Pertumbuhan Indeks Harga Implisit PDRB (Pengeluaran)




Dalam laju pengeluaran sendiri mengalami penurunan yaitu antara tahun 2019 - 2020 dimana dari 5,70% turun ke -0,59% di Kabupaten Samosir .Hal itu semua kerena beberapa jenis pengeluaran yang cenderung meningkat dan terjadinya pandemi pada saat itu .



Data Pendukung Lainnya :



Gambar diatas adalah Infografis mengenai pertumbuhan ekonomi kabupaten samosir tahun 2021dilihat dari beberapa kategori mulai dar pertanian,konstruksi,Adm.Pemerintahan,Akomodasi,Transportasi.



III. Investasi Yang Diunggulkan




Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi unggulan investasi yaitu dibidang pertanian dan komoditasnya ialah Kopi .Data diatas merupakan komoditas paling besar pada 2021 yang ada di Kabupaten Samosir ,makanya oleh sebab itu berinvestasi di Kabupaten Samosir ialah dari segi Pertanian.

Data Pendukung Lainnya :


Sumber Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021


Sumber Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021 Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir tahun 2021, sangat jauh berbeda dengan tahun 2020, hal ini merupakan akibat dari pandemi Covid-19 yang mulai menurun dan PPKM sudah mulai dibuka sehingga sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Samosir. Pada tahun 2020 lapangan usaha informasi dan komunikasi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 0,09 persen, diikuti real estat sebesar 0,08 persen dan jasa pendidikan sebesar 0,04 persen. Sedangkan pada tahun 2021 lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 1,30 diikuti oleh lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 0,58 persen, selanjutnya lapangan usaha konstruksi mencapai nilai sebesar 0,52 persen.


- Data Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021




Berdasarkan pendekatan pengeluaran, ekonomi Kabupaten Samosir Tahun 2021 naik menjadi 2,65 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif terjadi pada semua komponen pengeluaran. Pembentukan modal tetap bruto memiliki pertumbuhan yang tinggi sebesar 5,62 persen, diikuti oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) sebesar 2,64 persen, selanjutnya pengeluaran konsumsi lembaga non profit rumah tangga sebesar 0,88 persen dan pengeluaran konsumsi pemerintah 0,81 persen.



IV.Evaluasi


A. Demografi


Pada bagian ini sendiri ada beberapa evaluasi yang harus diperhatikan yaitu harus bisa memanfaatkan laju pertumbuhan penduduk dan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Samosir sendiri.Hal ini berguna kerena dari pemanfaatan tersebut kita dapat mengolah mereka menjadi pekerja dan penghasil terutama bagi investor atau pemilik usaha.Dalam memilih penduduk juga harus butuh seleksi yang mana memiliki pendidikan tinggi dan pendidikan rendah agar ketika masuk ke dalam usaha atau investasi yang dijalankan berjalan semestinya dan tidak terlalu banyak masalah


B.Geografi


Pada bagian Geografi sendiri terlihat bahwa terdapat 9 Kecamatan di Kabupaten samosir ,Sumatera Utara.Dalam setiap kecamatan tersebut harus bisa melihat potensi pertanian mana yang lebih maju antar satu kecamatan dengan kecamatan yang lain.Selanjutnya mengenai iklim dan curah hujan sendiri harus dimanfaatkan dengan benar seperti memilih pertanian jenis apa yang cocok dengan keadaan iklim di Kabupaten Samosir.


C.Sumber Daya Alam


Dalam bidang sumber daya alam sendiri yaitu terutama dalam pertanian,tanamah holtikultura,perkebunan dan hutan kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik dalam mengolahnya.Tidak boleh salah olah atau menggunakannya untuk kepentingan sendiri,kiranya sumber daya alam yang ada dapat menghidupkan masyarakat dan lingkungan


D.Infrastruktur


Dibidang infrastruktur sendiri perlu ada satu hal yang perlu diperhatikan salah satu mengenai Air.Di Kabupaten Samosir air menjadi hal terpenting dari kehidupan masyarakat kiranya Air sendiri dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para investor demi kelangsungan pertanian dan kehidupan masyarakat sekitar.


E.Pertumbuhan Ekonomi dan Produk Domestik Regional Bruto Pengeluaran (PDRB)


Didalam PDRB sendiri investor perlu melihat hal-hal apa saja yang sering menjadi permasalahan dalam penurunan angka domestik regional,hal itu kiranya dapat menjadi acuan dalam rangakaian pembukaan usaha agar usaha yang dijalani bisa berjalan lancar. Selanjutnya dari pertumbuhan ekonomi sendiri dalam bidang aset sedang mengalami kenaikan saat ini,kiranya investor bisa memanfaatkan hal itu demi kelangsungan bisnis yang akan ditekunin


F. Prosedur dan peraturan/perijinan penanaman investasi dan pembukaan usaha


Dalam prosedur perizinan usaha sendiri kiranya para investor dapat memenuhi persayaratan seperti gambar persyaratan pada data dibagian F.Syarat pada gambar tersebut kiranya dapat dipatuhi agar usaha yang dijalani atau investasi berjalan dengan baik dan tidak ada masalah terutama dalam bidang perizinan


G. Keamanan


Peraturan yang berlaku mengenai hak,kewajiban dan larangan sudah bagus atau cocok dibuat oleh Bupati Samosir dan Pemerintahan Republik Indonesia .Namun yang namanya tindakan manusia tidak selamanya berjalan lurus,para investor harus tetap berhati-hati dan selalu memantau dengan betul bisnis dan investasi yang mau ditekunin agar bisnis selalu tetap aman dan stabil


V. Kesimpulan


Dari data Kabupaten Samosir diatas bisa kita lihat dan simpulkan bahwa Pertanian menjadi Profil Utama dari daerah tersebut.Bagaimana data-data yang ada seperti Investasi yang diunggulkan dan hasil tani sangatlah menjanjikan dan besar.Maka daripada itu kiranya para investor bisa melakukan bisnis nya dalam bidang pertanian.




Referensi :


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba Samosir, https://tobasamosirkab.bps.go.id/ (Diakses 06-06-2022 pukul 19.00WIB)


Jurnal Pertumbuhan Ekonomi kabupaten Samosir Tahun 2021 file:///C:/Users/H%20P/Downloads/BRSbrsInd-20220422235202.pdf (Diakses 07-06-2022 Pukul 20.35 Wib )


JURNAL PERDA PROVINSI SUMATERA UTARA PERATURAN DAERAH KABUPATEN SAMOSIR file:///C:/Users/H%20P/Downloads/PERDA-NO-2-2017.pdf ( Diakses 07-06-2022 Pukul 23.20 Wib )





















































240 views0 comments

Comments


bottom of page