top of page
Writer's picturecompanyboen

FAKTOR EKONOMI PALING BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PRODUK ERIGO


Riset analisis faktor merupakan salah satu riset yang bertujuan untuk melihat apa sajakah faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Pada penelitian ini saya akan menganalisis bagaimana analisis faktor pada produk erigo terhadap faktor ekonomi paling berpengaruh terhadap konsumen. Erigo merupakan produk atau brand yang sedang diminati oleh semua orang. Penelitian ini saya lakukan dengan memberikan beberapa indikator pertanyaan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti, faktor ekonomi, faktor sosial, faktor psikologi, faktor budaya, dan faktor individu. Metode yang akan saya gunakan dalam meneliti produk Erigo ini sendiri yaitu metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden selaku konsumen produk erigo.


A. Deskripsi Hasil


Berdasarkan hasil jawaban kuesioner dari 30 responden, berikut adalah hasil keseluruhan untuk penelitian terkait analisis faktor perilaku konsumen produk Erigo:


1. Jenis Kelamin Responden



Berdasarkan hasil dari data terdapat Dari 30 responden. Dilihat dari data di atas merupakan jenis kelamin responden 43,3% responden nya merupakan perempuan, 56,7% responden nya merupakan Laki - laki.


2. Usia Responden



Berdasarkan hasil dari data terdapat 30 responden. Dilihat dari data di atas merupakan usia responden 70% menjawab umur responden 18 -20 tahun. 20% menjawab umur responden 21-25% tahun. 10% menjawab umur responden 15-17 Tahun.


B. Analisis Hasil Jawaban Berdasarkan Faktor


Berdasarkan Indikator dari Faktor Psikologi, Faktor Sosial, Faktor Budaya, Faktor Individu, dan Faktor Ekonomi.


  1. Faktor Sosial




Berdasarkan data diagram diatas mengenai responden yang membeli produk Erigo karena karena ada pengaruh dari teman dan keluarga dapat diketahui bahwa dari 30 responden. 3 responden menjawab tidak setuju. 7 responden menjawab Netral. 16 responden menjawab setuju. Dan 4 Responden Menjawab sangat setuju.


2. Faktor budaya

Berdasarkan data diagram di atas mengenai produk yang dihasilakan oleh erigo menjadi keunikan tersendiri bagi saya dapat diketahui bahwa dari 30 responden. 2 responden menjawab tidak setuju. 10 responden menjawab netral. 15 responden menjawab setuju. 3 responden menjawab sangat setuju.


3. Faktor individu


Berdasarkan data diagram di atas mengenai apakah erigo dapat memenuhi / melengkapi outfit saya sehari hari dapat diketahui dari 30 responden. 1 responden menjawab tidak setuju. 10 responden menjawab netral. 15 responden menjawab setuju. 4 responden menjawab sangat setuju.


4. faktor Ekonomi


Berdasarkan data diagram di atas pada saat membeli erigo menggunakan gaji atau uang tabungan dapat diketahui dari 30 responden. 6 responden menjawab tidak setuju. 11 responden menjawab netral. 8 responden menjawab setuju. 5 responden menjawab sangat setuju.


5. Faktor Pisikologis


Berdasarkan data diagram di atas baju yang nyaman dan bagus menjadi motivasi saya membali erigo dapat diketahui dari 30 responden. 1 responden menjawab tidak setuju. 8 responden menjawab netral. 16 responden menjawab setuju. 5 responden menjawab sangat setuju.


C. Rekap Jawaban Responden


Maka dari rekap jawaban tabel 5 faktor diatas dapat disimpulkan bahwa faktor budaya menjadi posisi paling besar atau memiliki nilai rata-rata paling tinggi yaitu faktor pisikologis dengan rata - rata 23. dibandingkan dengan faktor yg lain faktor sosial, faktor budaya, faktor individu, dan faktor ekonomi.


D. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan ini bahwa dari kelima faktor yang mempengaruhi faktor perilaku konsumen adalah faktor pisikologis. hal ini dapat dilihat dan di dukung pada rekap jawaban responden di atas.


Terima Kasih


61 views0 comments

Comentários


bottom of page