top of page
Writer's picturecompanyboen

Kabupaten Simalungun Sebagai Profil Unggulan Dalam Bidang Pertanian



I. Pendahuluan


Kabupaten Simalungun merupakan salah satu kabupaten yang wilayahnya cukup besar di daerah Sumatera Utara.Kabupaten ini sendiri memiliki luas sebesar 4.372km2.Kabupaten ini sendiri juga diapit oleh Danau Toba.Simalungun sendiri dimana rata-rata masyrakat nya berprofesi atau bekerja sebagai petani sehingga pertanian disana dinilai cukup baik dalam menghidupkan masyarakat.Maka daripada itu pada halaman ini sendiri akan mengangkat topik bahwa Kabupaten Simalungun merupakan profl unggulan dalam bidang Pertanian.


- Tujuan Penelitian ini


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi Kabupaten Simalungun yang mungkin dapat menjadi peluang dasar untuk memulai peluang pengembangan investasi untuk bisnis tertentu.


- Alasan Memilih Daerah


Karena Kabupaten Simalungun merupakan daerah dengan wilayah masyarakatnya memiliki penghasilan dari pertanian dan ladang atau lahan yang luas,sehingga Kabupaten Simalungun dinilai cocok diunggulkan dalam bidang pertanian.


II. Umum


A. Geografi


Dalam gambar data diatas terdapat beberapa jenis atau kelompok misalnya seperti

populasi,penduduk menurut kelompok umur,ketenagakerjaan,indeks pembangunan manusia,agama,suku dan bahasa.Dapat disimpulkan sedikit seperti dibawah ini :

- Populasi

Dalam Kabupaten Simalungun terdapat jumlah penduduk sebesar 867.922 jiwa dengan rasio laki-laki dan perempuan 99,30,disusul kepadatan sebesar 198 orang/km2 dan terakhir ada laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,66%

- Penduduk menurut kelompok umur

penduduk menurut kelompok umur ada 3 yaitu usia muda (0-14 tahun) sekitar 29%. Usia Produktif (15-64 Tahun) sekitar 64,05%.Usia tua (65+ tahun) sekitar 6,21%.


- Ketenagakerjaan

Pada ketenaga kerjaan ini TPAK sekitar 71,40 dan TPT 4,39. UMK 2020 sekitar Rp 2.402.626 Penduduk miskin sekitar 8,81%. dan bekerja sekitar 416.910 Orang

- Indeks pembangun manusia

indeks pembanguanan manusia IPM sekitar 72,98. harapan hidup 71,07 tahun. harapan sekolah 12,77 tahun, rata rata lama sekolah 9,36 tahun. pengeluaran rill perkapita (.000) Rp 11,422


- Agama, suku dan bahasa

kebanyakan agama di kabupaten Simalungun adalah kristen. Suku yang banyak di Kabupaten Simalungun adalah Batak Toba. Bahasa yang sering digunakan adalah Batak dan Indonesia.


B.Geografi


Pada Geografi ini Kabupaten Simalungun terdapat 32 Kecamatan. Dan terdapat data batas wilayah dari utara,timur,selatan dan barat,selanjutnya ada juga Lokasi yang mencakup letak geografis,luas wilayah , ketinggian dpl dan rata-rata curah hujan hingga kelembapan udara.


C. Sumber Daya Alam



- Pertanian

Komoditas pertanian di kabupaten simalungun yang paling tinggi adalah padi ladang karena pertumbuhan produksinya 3,98% dengan nilai LQ 1,30

D. Infrastruktur


- Transportasi

Dilihat pada transportasi danau di pelabuhan tiga ras, pelabuhan tiga raja dll. pada transpotasi darat stasiun bahillas stasiun perlanaan stasiun dolok merangir. Transportasi darat lainnya yaitu jalan negara 158,03 km. jalan provinsi 219,76 km . jalan kab/kota 1.803,78 km


- Daya Listrik yang terjual

Daya listrik yang terjual di Kabupaten Simalungun sebesar 51.047.014 kwh. Serta air minum disalurkan sekitar 6.406.756 m3


- Unit Kesehatan dan Pendidikan

Kabupaten Simalungun rumah sakit ada 7 unit. Jumlah SD 819, jumlah SMP 153, Jumlah SMA 49, Jumlah SMK 43, perguruan tinggi ada sekitar 5.



E. Pertumbuhan Ekonomi dan Produk Domestik Regional Bruto Pengeluaran (PDRB)



Bisa kita lihat pada laju pertumbuhan indeks implisit PDRB menurut lapangan usaha bahwa terdapat data sebantak 3 tahun yaitu 2019,2020 dan 2021.Di setiap beberapa sektor sendiri terlihat ada yang pertumbuhannya maju dan turun setiap tahun.Lalu pada sektor PDRB sendiri dapat dilihat bahwa tiap tahun memiliki kemajuan hingga 2021 sebesar 4.09 dari 2019 yang hanya sebesar 2.06.


Data Lain :



Dari segi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Simalungun mengalami kenaikan dan sempat setara dengan pertumbuhan provinsi sumatra Utara pada tahun 2017 – 2019. Adapun sebab nya pada sektor sektor kontributor PDRB yangg di dasarkan tahun 2019.Lalu ada perkembangan NPL dan Asset yang terus naik seperti pertumbuhan DPK dan Kredit.


F. Prosedur dan peraturan/perijinan penanaman investasi dan pembukaan usaha


Dibawah ini merupakan perijinan yang terpadu dan penanaman modal di Kabupaten Simalungun :




III. Investasi Yang Diunggulkan




Dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa yang merupakan keunggulan dari Kabupaten Simalungun adalah Padi sawah, yang merupakan komoditas paling besar 2019.


IV. Evaluasi


- Prosedur dan peraturan/ perijinan penanaman investasi dan pembukaan usaha

Mungkin dalam hal ini harusnya di cantumkan dalam web pemerintahan Kabupaten simalungun agar para investor mengetahui secara detail tentang perturan perijinan yang harus di persiapkan.


V. Kesimpulan


Dari data yang sudah disajikan di atas pada Kabupaten Simalungun disimpulkan bahwa pertanian pada padi sawah cenderung lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Lalu di susul oleh angkutan kota/ desa dan budidaya ikan di danau yang merupakan keunggulan lain yang dapat menjadi opsi untuk investor dapat mengembangkan bisnis apa yang di inginkan



Referensi :


Jurnal North Sumatera invest Kabupaten Simalungun https://www.northsumatrainvest.id/id/city/simalungun (diakses pada tanggal 8 Juni 2022 pukul 08.46)


Jef Rudiantho Saragih, Alvera Siburian , Ummu Harmain , Tioner Purba. 2021. Komoditas Unggulan dan Potensial Sektor Pertanian Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

(diampul pada tanggal 8 Juni 2022 pukul 09.39)


BPS Kabupaten Simalungun

11 views0 comments

Comments


bottom of page