top of page
Writer's picturecompanyboen

PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN KOPI DI YOGYAKARTA

Tujuan Penelitian :


Berdasarkan dari latar belakang penjualan minuman kopi masih dapat menjadi peluang pasar yang menjanjikan bagi pebisnis awalan maupun lama dan penyedia kebutuhan masyarakat, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis peluang pasar dalam bisnis minuman kopi di Yogyakarta.


Tugas Individu:


- Aspek Geografis




Dari aspek Geografisnya dapat dilihat dalam diagram di atas domisili Kab. Sleman lebih mendominasi dengan angka 43,1%, lalu dengan urutan selanjutnya ada Kota Yogyakarta dengan 39,2%, lalu Kab. Kulon Progo dengan angka 7,8%, lalu Kab. Gunung Kidul Dengan angka 5,9% Kab. Bantul dengan angka 3,9%.


- Aspek Perilaku



Dari aspek perilaku dapat dilihat dari diagram di atas estimasi dalam satu minggu seberapa sering mengonsumsi kopi di tingkat tertinggi dan mendominasi ada sekitar 2 kali dalam satu minggu dengan angka sekitar 31,4%, dengan urutan selanjutya ada 3 kali dalam satu minggu dengan angka sekitar 27,5%, lalu ada 1 kali dalam satu minggu dengan angka sekitar 17,6%, dan ada 4 dan >4 dalam satu minggu dengan angka yang sama sekitar 11,8%.




Dalam aspek perilaku yang kedua ini dilihat dari diagram diatas ada manfaat yang diperoleh pada saat mengonsumsi kopi. Di tingkat yang tertinggi dan mendominasi di diagram di atas ada ‘meningkatkan mood’ dengan angka sekitar 49%, lalu ada ‘meningkatkan energi’ dengan angka 25,5%, lalu ada ‘Lainnya’ dengan angka 21,6%, dan terahir ada ‘alasan kesehatan’ dengan angka 3,9%.


-Analisa Peluang:

Pada bagian Analisis Peluang sendiri dapat diketahui bahwa bisnis minuman kopi sendiri masih menjadi salah satu bisnis yang sangat dibutuhkan dalam masyarakat sendiri baik dari kebutuhan pribadi masyarakat dan segi market/trend sendiri.dilihat dalam segmentasi pasar sendiri berdasarkan data primer atau kuesioner sendiri 49 % masyarakat sangat membutuhkan kopi untuk menaikkan mood mereka dan 51% karena kebutuhan.dari hal ini bisa dikatakan bahwa peluang yang ada dalam usaha bisnis minuman kopi sendiri masih besar dan terbuka lebar.namun satu sisi dalam membuka sebuah Coffe Shop sendiri harus mempertimbangkan dari segi lingkungan,baik itu kondisi lingkungan dan view lalu

Lalu selanjutnya pada penelitian ini,peneliti menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dalam analisa peluang. Berikut merupakan analisis SWOT untuk melihat sebuah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terjadi pada pasar minuman kopi di Indonesia.


a. Strength (Kekuatan)

Pada sisi kekuatannya, pasar minuman kopi di indonesia dari tahun ketahun meningkat sebesar 8,22% pertahun.dan menurut data dari akurat.co salah satu bisnis kopi yaitu Kopi Janji jiwa di satu gerai atau satu toko penghasilan perbulannya bisa mencapai Rp.140 juta jika setiap cup kopi tersebut disamaratakan dijual seharga Rp.20.000/Cup. Melalui hal tersebut dapat diketahui bahwa bisnis kopi ini bukan hal sepele, melainkan peran dan potensi untuk menjadi tempat persaingan bisnis sangat tinggi di bisnis kopi ini.

a. Weakness (Kelemahan)

Melalui data tabel kompetitor pada pembahasan kelemahan bisnis kopi, dapat diketahui bahwa Bisnis Minuman kopi memiliki beberapa permasalahan mulai dari harga yang kurang bervariasi. Cup kopi tidak sebanding dengan isi kopi. Di beberapa stand tidak adanya tempat untuk menunggu. Aplikasi yang sering mengalami gangguan, dan bahkan permasalahan yang sangat fatal yaitu Human Resource yang kurang dalam perusahaan tersebut beberapa permasalahan tersebut tentunya akan mempengaruhi bisnis minuman kopi tersebut dan bahkan dari permasalahan tersebut dapat mengubah persepsi, tingkat kepercayaan dan bahkan loyalitas konsumen kepada bisnis kopi tersebut.

b. Opportunities (Peluang)

Peluang pada bisnis minuman kopi merupakan salah satu bagian penting dalam membuka sebuah usaha peluang dari bisnis minuman kopi di indonesia sangat tinggi bisa dilihat dari naikkan konsumsi kopi secara nasional dari tahun ke tahun pada 2016 mencapai 250 Ribu Ton pada 2017 mencapai 270 Ribu Ton pada 2018 mencapai 310 Ribu Ton,pada 2019 mencapai 340 Ribu Ton ,pada 2020 sekitar 340 Ribu Ton dan pada 2021 mencapai 370 Ribu Ton. dari maka dari itu setiap tahun mengalami tren positif terhadap bisnis minuman kopi dan jika dilihat dari konsumsi nasional tersebut maka peluang bisnis kopi masih sangat besar di indonesia.

c. Threats (Ancaman)

Adapun ancaman dalam bisnis minuman kopi bahkan ranah bisnis lainya, ancaman terbesar nya ialah banyaknya usaha yang sejenis dan bahkan ada nya penawaran dari kompetitor bisnis yang sejenis dengan harga yang lebih murah .hal itu mengakibatkan penurunan konsumen pada beberapa bisnis kopi tersebut dan juga mengakibatkan rusaknya harga pasar atau pangsa pasar dari perusahaan kopi tersebut.



Kesimpulan:

Dari seluruh data yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa Peluang pasar dalam bisnis minuman kopi masih sangat berpeluang di tahun 2022 ini bisa dilihat dari data konsumsi kopi Nasional pada tahun 2016-2021 dibawah ini:


Diagram di atas Ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi nasional 2016 menunjukkan bahwa konsumsi kopi nasional tahun 2016 mencapai 250 ribu ton dan tumbuh sekitar 10,54% menjadi 276 ribu ton.Sepanjang periode 2016-2021 konsumsi kopi di indonesia diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% per tahun.

Konsumsi kopi di indonesia mengalami tren positif atau mengalami kenaikan dari tahun 2016 hingga tahun 2021 menurut (Dkatadata.co.id, 2018).Hal tersebut semakin memperjelas bahwa minat dari minuman kopi semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan di indonesia.


-Rekomendasi

- Sebelum memulai bisnis minuman kopi harus menyediakan atau menyiapkan hal yang paling mendasar yaitu Human Resources yang berkualitas, alasan itu kami rekomendasikan sebab pada SWOT bagian kekurangan masalah ini sering terjadi di salah satu coffe shop.

- Sebelum memulai bisnis minuman kopi harus memikirkan produk apa yang menjadi icon atau ciri khas dari minuman kopi kita, ini bertujuan agar produk kita tidak sama dengan produk minuman kopi lainnya.

- Sebelum memulai bisnis minuman kopi kita harus menyiapkan segala sesuatu yang paling mendasar seperti tempat bisnis minuman kopi yang proper/ layak digunakan dan tempat yang unik dan tidak lupa untuk membuat citra khas kopi yang anda miliki kepada konsumen agar menjadi daya tarik tersendiri.

56 views0 comments

ความคิดเห็น


bottom of page