top of page
Writer's picturecompanyboen

Analisis Kompetitor Layanan Pembayaran Digital

Updated: Apr 6, 2022


Sumber: KrAsia.com, 2022


Penggunaan smartphone di Indonesia mendukung tingkat kepopuleran layanan aplikasi pembayaran digital untuk memudahkan banyak orang jaman sekarang dalam bertransaksi. Dikutip dari mobitekno.com, terdapat sebuah survei yang dilakukan oleh Markplus,Inc mengenai pertumbuhan layanan pembayaran digital di masa pandemi di Indonesia. Beberapa aplikasi pembayaran digital yang ada di Indonesia seperti ShopeePay, GoPay, Ovo, Dana, dan LinkAja. ShopeePay menempati posisi tertinggi daripada kompetitor lain seperti yang terlihat pada gambar 1.1 dimana menjadi e-wallet yang paling sering digunakan dengan presentase sebanyak 30% responden.



Gambar 1.1 E-Wallet Paling Hits

Sumber: mobitekno.com, 2022


Dalam sebuah bisnis, beragam perusahaan saling berusaha untuk mengembangkan potensinya agar dapat bersaing pada satu kompetitor dengan kompetitor lainnya guna meningkatkan pangsa pasar. Dengan demikian, penelitian kali ini akan menggunakan analisis kompetitor yang digunakan untuk melihat titik persaingan dalam sebuah bisnis dengan data sekunder yang diperoleh untuk kemudian diolah berdasarkan aspek company highlite dan market information dari layanan pembayaran digital.


Tabel Analisis Kompetitif

Gambar 1.2 Tabel analisis kompetitif company highlight


Menurut tabel pada gambar 1.2 terlihat bahwa GoPay menjadi kompetitor layanan pembayaran digital yang termuda yang diluncurkan pada tahun 2010 sebagai perusahaan dompet digital serba bisa yang memiliki layanan seperti Jago, top up, transfer dan tarik tunai, dan gopay later. Kemudian baru diikuti oleh ShopeePay yang fokusnya lebih pada memudahkan dalam belanja online. Layanan yang diberikan ShopeePay hampir serupa dengan layanan lain sebagai fitur dompet digital dengan layanan dapat melakukan pembayaran, transfer, dan isi saldo yang bisa memperoleh voucher seperti cashback dan koin pada setiap transaksinya.


Lalu terdapat Ovo yang diluncurkan pada tahun 2017 sebagai aplikasi pemberi kemudahan dalam bertransaksi dengan keunggulannya yaitu fitur ovo cash, ovo points, ovo premier, ovo invest, bayar tagihan atau pulsa, dan monitor keuangan. Selanjutnya terdapat Dana sebagai penyedia layanan keuangan mikro yang terpercaya dengan layanan yang menajdi keunggulan perusahaan yaitu dana premium, top up, simpan kartu bank, pemindahan saldo, pembayaran transaksi online atau offline. Terakhir, terdapat LinkAja yaitu platform keuangan digital pilihan bangsa yang memiliki keunggulan one stop digital payment nya dalam pembayaran transaksi kebutuhan.


Gambar 1.3 Tabel analisis kompetitif market information


Dari tabel perbandingan kedua pada gambar 1.3 dapat dilihat bahwa ShopeePay unggul dengan market share dengan presentase sebesar 26% dari total volume transaksi e-wallet di Indonesia, diikuti oleh OVO (24%), GoPay (23%), kemudian Dana (19%), dan LinkAja (8%). Menurut demografi usia, layanan pembayaran digital ShopeePay digunakan pada rentang usia 19-45 tahun yang kebanyakan menggunakan pembayaran digital. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh ShopeePay tidak jauh berbeda dengan GoPay yang tentunya memiliki keunggulan yang lebih daripada layanan lain. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh ShopeePay di antaranya yaitu menggunakan promo (voucher diskon, cashback, Rp 1), iklan, kolaborasi dengan layanan digital lain, menjangkau banyak mitra penjual (merchant), dan trend media sosial yang dapat meningkatkan nilai dan volume pada transaksi pembayaran digital.


Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa ShopeePay menempati peringkat paling unggul berdasarkan aspek company highlight dan market information dari layanan pembayaran digital yaitu memudahkan dalam transaksi dan belanja online yang bisa memperoleh voucher seperti cashback dan koin dengan perolehan market share dengan presentase sebesar 26% dari total volume transaksi e-wallet di Indonesia yang rata-rata penggunanya terdapat pada rentang usia 19-45 tahun. Strategi pemasaran yang digunakan hampir serupa dengan GoPay dibandingkan dengan layanan lain dengan hal penting seperti promo, iklan, dan kolaborasi dengan layanan lain.

88 views0 comments

Comentarios


bottom of page