top of page
Writer's picturecompanyboen

Analisis Loyalitas Konsumen Pada Produk Antis Hand Sanitizer Spray


Sumber: antisantikuman.com, 2022


Loyalitas pelanggan adalah kondisi dimana seorang pelanggan memiliki sikap positif terhadap merek suatu produk, serta memiliki komitmen untuk selalu mendukung dan menggunakan merek tersebut serta melakukan pembelian terhadap merek tersebut dimasa mendatang. Loyalitas pelanggan menjadi salah satu hal terpenting dalam bisnis. Hal tersebut ditunjukkan jika semakin banyak memiliki konsumen yang setia, tentunya akan semakin berkembang bisnis tersebut. Bagi sebuah bisnis, pelanggan setia ini merupakan sebuah aset yang sangat berharga yang sangat memengaruhi kelangsungan sebuah bisnis.


Pada era sekarang ini, seluruh masyarakat berlomba untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan, seperti mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 30 detik. Namun, ketika seseorang sedang tidak berada di dalam rumah, banyak dari mereka akan kesulitan untuk mencari tempat cuci tangan. Dengan demikian, hand sanitizer bisa menjadi solusi untuk membersihkan tangan yang lebih praktis. Salah satu merk menjadi pelopor hand sanitizer spray yaitu Antis. Dalam hal ini, peneliti akan melihat loyalitas konsumen terhadap merk Antis sebagai hand sanitizer spray. Berdasarkan data yang diperoleh dari 36 responden melalui kuesioner yang disebar secara acak melalui platform google form. Data yang didapatkan kemudian diolah dan menghasilkan data sebagai berikut:


Usia Responden

Gambar 1.1 Usia Responden

Sumber: Data Diolah, 2022


Dari data di atas, dapat diketahui bahwa dari 36 responden mayoritas berada pada rentang usia 16-25 tahun dengan presentase sebanyak 52,8%. Kemudian, 26-35 tahun sebanyak 27,8%. Serta, sebanyak 13,95 berusia 36-45 tahun. Terakhir, yang menempati posisi paling rendah yakni sebanyak 5,6% berusia dibawah. 16 tahun.



Analisis pada riset kali ini dilakukan satu persatu sesuai dengan pedoman dan kriteria yang telah ditentukan sebagai berikut:


Indikator Ketetapan Pembelian Produk

Gambar 1.2 Indikator Ketetapan Pembelian Produk

Sumber: Data Diolah, 2022


Pada indikator pertama dari data tersebut, presentase sebanyak 0% responden menyatakan “Sangat Tidak Setuju”. Presentase sebanyak 2,9% menyatakan “Netral”. Kemudian, presentase sebesar 8,6% menyatakan “Tidak Setuju”, 37,1% menyatakan “Setuju”, dan sebanyak 51,4% menyatakan “Sangat Setuju” bahwa responden selalu memilih merk Antis daripada produk hand sanitizer spray yang lain.


Indikator Repitisi Pembelian Produk

Gambar 1.3 Indikator Repetisi Pembelian Produk

Sumber: Data Diolah, 2022


Lalu pada indikator ketiga, dapat diketahui bahwa presentase sebanyak 0% responden menyatakan “Sangat Tidak Setuju” dan “Netral”. Kemudian, presentase sebanyak 5,7% menyatakan “Tidak Setuju”. Presentase sebesar 34,3% menyatakan “Setuju”, dan presentase sebesar 60% menyatakan “Setuju” bahwa responden akan membeli dan menggunakan kembali merk Antis sebagai produk hand sanitizer spray.


Indikator Promosi Produk

Gambar 1.4 Indikator Promosi Produk


Sumber: Data Diolah, 2022


Pada indikator keempat, dapat diketahui bahwa responden sebanyak 0% menyatakan “Tidak Setuju”. Kemudian presentase masing-masing sebesar 2,9% responden menyatakan “Sangat Tidak Setuju” dan “Netral”. Kemudian pada presentase sebanyak 31,4% responden menyatakan “Setuju”. Terakhir, presentase sebanyak 62,9% menyatakan “Sangat Setuju” bahwa responden akan tertarik untuk merekomendasikan merk Antis kepada orang lain.


Analisis Perhitungan Loyalitas Konsumen

Pedoman Skor Nilai

1 = 1 point

2 = 2 point

3 = 3 point

4 = 4 point

5 = 5 point

  • Total nilai keseluruhan = 466/ 36 = 12,9

  • Interval = skor maksimal – skor minimal = 25 – 5 = 20

  • Pembagian kategori berdasarkan interval :

5 – 9 = loyalitas sangat rendah

10 – 14 = loyalitas rendah

15 -19 = loyalitas sedang

20 – 25 = loyalitas tinggi


Kesimpulan

Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai keseluruhan sebesar 12,9 dan berada di antara kategori interval 10 sampai 14. Kesimpulannya, tingkat loyalitas konsumen pada produk hand sanitizer spray merk Antis masih berada pada kategori “Rendah”.



79 views0 comments

Comments


bottom of page