top of page
Writer's picturecompanyboen

Faktor Sosial Adalah Pengaruh Pengguna Produk Sepatu Dr. Martens (Docmart)

Updated: Jun 20, 2022


Dr. Martens (Docmart) adalah salah satu merk sepatu yang masih eksis hingga saat ini. Dibalik keestetikannya yang dipandang oleh anak muda, Docmart memiliki sejarah panjang yang mengantarkannya terus bertahan hingga masa modern ini. Docmart mengalami gelombang subkultur dan musik yang panjang. Hingga akhirnya pada masa modern ini Docmart digunakan oleh orang-orang yang menganggap merek ini sebagai gaya tanpa peduli makna sosial yang pernah tersemat padanya.


Maka dari itu, peneliti tertarik melakukan riset analisis faktor, dimana ini adalah satu riset yang bertujuan untuk faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Peneliti akan melakukan analisis faktor pada dari produk sepatu Dr. Martens. Dr. Martens adalah salah satu spetau yang sedang trend dikalangan anak muda. Namun, diketahui sepatu kulit dari Dr. Martens ini biasanya untuk para pekerja yang kerja dibagian tambang atau kerja yang turun ke lapangan. Analisis ini diharapkan dapat membantu para distributor sepatu Dr. Martens.


Terdapat tujuan utama dari penelitian ini sendiri yaitu untuk melihat bagaimana perilaku konsumen dalam memaka sepatu Dr. Martens sebagai salah satu trend aksesoris anak muda untuk memperindah fashion mereka. Penelitian ini saya lakukan dengan memberikan beberapa indikator pertanyaan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti, faktor ekonomi, faktor sosial, faktor psikologi, faktor budaya, dan faktor individu. Peneliti mendapatkan data primer dari penyebaran kuesioner, dan terdapat 34 respoden pengguna sepatu Dr. Martens. Berikut dibawah ini hasil dari analisis:


A. Analisis Hasil

Sumber: data diolah pada tahun 2022

Data diatas menyatakan responden berusia 22 - 25 tahun dan 26 -30 tahun memiliki presentase yang sama, yaitu 32,4% dengan jumlah responden 11. Dilanjut pada responden bersusia 19 - 21 tahun dengan presentase 20,6% dengan jumlah 7 responden. Lalu, pada responden 31 - 35 tahun 11,8% dengan jumlah 4 responden, serta usia responden yang >36 tahun memiliki presentase 2,9% dengan jumlah 1 responden.

Sumber: data diolah pada tahun 2022

Data diatas menyatakan bahwa 58,8% responden berstatus bekerja dengan jumlah 20 responden. Llalu, 38,2% responden berstatus mahasiswa dengan jumlah 13 responden, dan sisanya 2,9% berstatus pensiun dengan jummlah 1 respoden.


Sumber: data diolah pada tahun 2022

Data diatas menyatakan bahwa 61,8% responden adalah perempuan dengan jumlah 21 dan 38,2% responden adalah perempuan dengan jumlah 13 responden.


Syarat Keputusan :


a. Jika nilai sig > 0,05 maka data berdistribusi normal


b. Jika nilai sig < 0,05 maka data tidak berdistribusi normal


Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa Nilai sig <0,05 atau 0,00<0,05 maka data tidak berdistribusi normal


B. Analisis Hasil Berdasarkan Faktor


  1. Faktor Sosial

Sumber: data diolah pada tahun 2022


Data diatas menyatakan bahwa 11 responden memilih setuju bahwa responden memakai Dr. Martens karena trend, begitupun juga 7 responden memilih sangat setuju dengan pernyataan diatas. Namun, 7 responden menyatakan bahwa sangat tidak setuju, 5 responden tidak setuju, 3 netral dengab pernyataan diatas.


2. Faktor Psikologi

Sumber: data diolah pada tahun 2022

Data diatas menyatakan bahwa 1 responden menyatakan sangat setuju, 15 responden menyatakan setuju dengan pernyataan diatas. Lalu, terdapat 12 responden menyatakan netral, 5 responden menyatakan tidak setuju, 1 responden menyatakn tidak setuju dengan pernyataan diatas.


3. Faktor Pribadi

Sumber: data diolah pada tahun 2022


Dalam diagaram diatas menyatakan bahwa 4 responden menyatakan sangat setuju, 22 respoden menaytakan setuju dengan pernyataan diatas. Lalu, terdapat juga 4 responden yang menyatakan netral, 4 tidak setuju dengan pernyataan diatas.


4. Faktor Ekonomi

Sumber: data diolah pada tahun 2022


Data diatas menyatakan bahwa 3 responden sangat setuju dan 24 responden menyatakan setuju pada pernyataand iatas. Namun, juga terdapat 4 respoinden yang menyatakan netral, 2 respinden menyatakan tidak setuju dan 1 responden menyatakan sangat tidak setuju pada pernyataan diatas.


5. Faktor Budaya


Sumber: data diolah pada tahun 2022


Data diatas menunjukan bahwa terdapat 5 responden menyatakan sangat setuju dan25 responden yang menyatakan setuju pada pernyataan diatas. Namun, juga terdapat 3 responden yang menyatakan netral, 1 menyatakan tidak setuju denga pernyataan diatas.


C. Tabel Rekap Responden

Tabel diatas menunjukan bahwa hasil dari data yang terdapat 34 responden memperlihatkan dari 5 faktor yang terdiri dari, faktor psikologi, faktor sosial, faktor budaya, faktor individu, dan faktor ekonomi dengan indikator pertanyaan dan total faktor serta rata-rata bahwa faktor tertinggi adalah faktor sosial.


Kesimpulan.

Dari tabel yang sudah ada, menunjukan bahwa faktor sosial menjadi pengaruh utama dengan rata rata 29,6 perilaku kosumen pembeli sepatu Dr. Martenz dari berbagai faktor yang ada.





131 views0 comments

Comments


bottom of page