top of page
Writer's picturecompanyboen

Segmentasi Pasar Produk Obat Oskadon




Oskadon adalah produk dari PT Tempo Scan Pacific. PT Tempo Scan Pacific Tbk (“Perseroan”) dan entitas anaknya merupakan bagian dari Tempo Grup yang memulai kegiatan usahanya melalui pendirian PT PD Tempo pada tanggal 3 Nopember 1953 yang bergerak di bidang perdagangan produk farmasi. Perseroan dibentuk melalui proses restrukturisasi pada tahun 1991 dan semula Perseroan bernama PT Scanchemie yang pada tahun 1970 memulai kegiatan produksi komersial produk farmasi dalam skala besar. PT Tempo Scan Pacific Tbk tidak hanya memproduksi Oskadon namun ada berbagai merk obat.

Dalam riset ini, peneliti membuat riset segmentasi pasar dengan segmentasi obat Oskadon.


Berdasarkan riset yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner Google Form terhadap 32 responden sebagai konsumen Ice Cream Mixue dengan aspek - aspek segmentasi yang terdiri dari demografi yang mencakup variabel jenis kelamin, profesi, status, dan pendapatan, behavioritas (perilaku konsumen) yang meliputi variabel pelayanan Mixue, serta psikografis yang mecakup variaebel gaya hidup.


Berikut adalah hasil data yang diperoleh:


Dalam data diatas, menunjukan bahwa responden yang berusia 18 - 22 tahun berjumlah 9,4%, pada usia 23 - 27 tahun berjumlah 34,4%, pada usia 28 - 32 tahun 31,3%, pada 33 -35 tahun berjjumlah 9,4% dan pada usia >36 tahun berjumlah 15,6%.

Dalam data diatas menunjukan bahwa 87,5% menytaakan setuju membeli obat Oskadon, karena mampu mnegobati rasa skait kepala dan atau nyeri.

Dalam data diatas menunjukan bahwa 93,8% respoden akan merekomendasikan obat Oskadon kepada orang lain atau keluarga.


Dalam diagaram diatas menunjukan bahwa 78,1% responden menyatakan setuju bahwa responden menyimpan obat Oskadon, namun 15,6% menyatakan tidak setuju bahwa responden menyimpan obat Oskadon.


Dalam data diagram menunjukan bahwa 96.9% respoden menyatakan setuju bahwa memilih Oskadon karena muda didapatkan di toko / apotek / warung klontong.



Dalam data diagram menunjukan bahwa 96.9% menyatakan bahwa setuju bahwa responden membeli obat Oskadon karena berkualitas.


Kesimpulan

Pada aspek demografi lebih banyak yang berusia 24 - 27 tahun (34,4%). Dalam segi behavior responden membeli obat Oskadon, karena mampu mengobati rasa sakit kepala dan atau nyeri, dan menurut respoden berkualitas. Lalu, dari segi geografi obat Oskadon mudah ditemukan, seperti di warung / apotek /toko.

52 views0 comments

Comments


bottom of page