top of page
Writer's picturecompanyboen

KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA KARTU SIM TELKOMSEL DAN IM3 OOREDOO

Updated: Jun 29, 2022

Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo


Loyalitas Konsumen merupakan wujud kesetiaan konsumen untuk menggunakan suatu pemakaian data perdana dengan continue atau terus menerus, karena memiliki kepuasan dan loyalitas yang tinggi terhadap pengguna kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo yang digunakan akan cenderung timbul rasa untuk merekomendasikan produk dan jasa tersebut ke orang lain. Pelanggan yang loyalitas adalah orang yang melakukan pembelian secara teratur, membeli antar lini produk dan jasa yang sama, mereferensikan kepada orang lain, dan menunjukan kekebalan terhadap tarikan pesaing. Banyak kemudahan dan fitur yang disediakan elektronik mulai dari pemakaian data seluler dan pengguna kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo yang mereka terima dapat memenuhi harapan. Loyalitas konsumen akan selalu diperhatikan karena dapat memberikan pengaruh yang cukup baik dalam menentukan keberhasilan dalam memasarkan produk atau jasa pada sebuah kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo. Dalam hal ini, peneliti akan melihat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo yang sebagai kartu perdana merupakan jasa telekomunikasi seluler yang memberikan layanan baik yaitu telepon, SMS maupun data internet. Selanjutnya pada halaman ini sendiri akan membahas mengenai Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo.

Berdasarkan analisis loyalitas konsumen sendiri dilakukan data yang diperoleh dari 33 responden melalui kuesioner yang disebar secara acak melalui platform google form. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode pengukuran loyalitas konsumen yaitu Customer Loyalty Index sebagai berikut:


ANALISIS DATA

1. Jenis Kelamin Responden

Pada diagram dengan responden jenis kelamin dapat diketahui bahwa dari 33 responden yang menunjukkan yaitu sebanyak 17 responden Laki-laki memiliki presentase 51,5% dan sebanyak 16 responden Perempuan memiliki presentase 48,5%.


2. Kategori Usia Responden

Dari data di atas, dapat diketahui bahwa dari 33 responden yang didominasi pada rentang usia 15 – 20 Tahun (10 responden) dan usia lebih ke atas 41 Tahun (10 responden) yang sama yaitu terbanyak 20 responden adalah 30,3%. Responden sebanyak kedua yaitu pada usia 21 – 25 Tahun dengan jumlah 7 responden adalah 21,2%. Pada urutan ketiga pada rentang usia 26 – 30 Tahun dengan jumlah 5 responden adalah 15,2% dan akhirnya keempat pada rentang usia 36 – 40 Tahun dengan jumlah 1 responden adalah 3%. Dari grafik tersebut menunjukkan bahwa mereka yang memiliki rentang usia 15 – 20 Tahun dan usia lebih ke atas 41 Tahun masih menggunakan pemakaian Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo.


3. Pekerjaan Responden

Dari data tersebut dapat dilihat bahwa dari 33 responden mayoritas yang pekerjaan dari para responden pertama dari pekerja dapat banyak 7 orang responden dengan sebanyak 21,2%. Pada bagian kedua dari pelajar/mahasiswa dapat terbanyak 17 orang responden dengan terbanyak 51,5%. Pada bagian ketiga dari wiraswasta dapat banyak 3 orang responden dengan sebanyak 9,1%. Kemudian, pada bagian keempat dari karyawan yang paling sedikit adalah 1 orang responden dengan sebanyak 3%. Akhirnya di bagian kelima dari pegawai negeri/swasta dapat banyak 5 orang responden dengan sebanyak 15,2%. Dari grafik tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki pekerjaan yang paling terbanyak adalah pelajar/mahasiswa masih menggunakan pemakaian Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo.


4. Pemakaian Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo

Ditinjau dari seberapa lama dipakai dalam pemakaiannya, peringkat pertama sebanyak 9,1% atau 3 responden kurang dari 1 Tahun pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo. Kemudian di peringkat kedua, sebanyak 12,1% atau 4 responden 1-2 Tahun pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo. Di peringkat ketiga, sebanyak 15,2% atau 5 responden 3-4 Tahun pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo saja. Di peringkat keempat dengan presentase 63,6% adalah diatas 5 Tahun pemakaian Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo tersebut, yakni terbanyak 21 responden selalu pemakaian kartu SIM. Dari grafik saat ini tersebut menunjukkan bahwa mereka sudah memakai data seluler yang lama sangat paling banyak, yaitu lebih diatas 5 Tahun dengan pemakaian Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo.


Analisis pada riset kali ini dilakukan satu persatu sesuai dengan indikator peneliti dengan nilai yang ditentukan pertanyaan nomor 1-12 sebagai berikut:

1. Kualitas Pelanggan Kartu SIM Telkomsel

(Skala pengukuran 1 = sangat tidak setuju hingga 5 = sangat setuju). Mengenai kualitas pelanggan yang sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen dalam pengguna Kartu SIM Telkomsel sendiri ada terbanyak 17 responden memilih angka 5 dengan presentase 51,5% yang berarti 17 responden sangat setuju tersebut pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Telkomsel. Di peringkat kedua pada angka 4 yaitu ada sebanyak 9 responden dengan presentase 27,3% adalah setuju pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Telkomsel. Di peringkat ketiga pada angka 3 yaitu sebanyak 5 responden dengan presentase 15,2% adalah netral pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Telkomsel. Dan terakhir pada angka 1 yaitu ada 2 responden dengan presentase 6,1% yang terkadang atau tidak setuju pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Telkomsel. Dari pengukuran tersebut menunjukkan bahwa angka 5 berarti sangat setuju yaitu ada 17 responden pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Telkomsel.


2. Kualitas Pelanggan Kartu SIM IM3 Ooredoo

(Skala pengukuran 1 = sangat tidak setuju hingga 5 = sangat setuju). Mengenai kualitas pelanggan yang sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen dalam pengguna Kartu SIM IM3 Ooredoo sendiri ada terbanyak 10 responden memilih angka 5 dengan presentase 30,3% yang berarti 10 responden sangat setuju tersebut pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM IM3 Ooredoo. Di peringkat kedua pada angka 4 yaitu ada sebanyak 7 responden dengan presentase 21,2% adalah setuju pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM IM3 Ooredoo. Di peringkat ketiga pada angka 3 yaitu sebanyak 9 responden dengan presentase 27,3% adalah netral pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM IM3 Ooredoo. Kemudian, peringkat keempat pada angka 2 yaitu sebanyak 3 responden dengan presentase 9,1% yang paling bawah tidak setuju pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM IM3 Ooredoo tersebut. Dan terakhir pada angka 1 yaitu sebanyak 4 responden dengan presentase 12,1% yang terkadang atau sangat tidak setuju pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM Ooredoo tersebut. Dari pengukuran tersebut menunjukkan bahwa angka 5 berarti sangat setuju yaitu ada 10 responden pelanggan yang berkualitas konsumen pemakaian Kartu SIM IM3 Ooredoo.


3. Tetap Memilih Kartu SIM Telkomsel

Dari data tersebut, mengenai responden memiliki handphone berusaha dipilih Kartu SIM Telkomsel dapat diketahui bahwa dari 33 responden sendiri ada terbanyak 20 responden memilih angka 5 dengan presentase 60,6% yang berarti 20 responden sangat setuju memilih Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 4, sebanyak 21,2% atau 7 responden yang menyatakan dengan setuju memilih Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 3, sebanyak 4 responden dengan presentase 12,1% yang menyatakan netral memilih Kartu SIM Telkomsel. Kemudian, di peringkat angka 1, sebanyak 6,1% atau 2 responden yang menyatakan dengan sangat tidak setuju memilih Kartu SIM Telkomsel saat ini. Untuk ukur di angka 2 juga tidak ada responden atau kosong ini. Dalam hal ini terlihat bahwa memilih Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 60,6% yaitu 20 responden sangat setuju ini.


4. Tetap Memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo

Dari data tersebut, mengenai responden memiliki handphone berusaha dipilih Kartu SIM IM3 Ooredoo dapat diketahui bahwa dari 33 responden sendiri ada sebanyak 10 responden pada angka 5 dengan presentase 30,3% yang berarti 10 responden sangat setuju memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 4, sebanyak 12,1% atau 4 responden yang menyatakan dengan setuju memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 3, terdapat sebanyak 11 responden yang memilih dengan presentase 33,3% menyatakan dengan netral atau biasa saja memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo. Kemudian, di peringkat angka 2, sebanyak 6,1% atau 2 responden yang menyatakan dengan sangat tidak setuju memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo saat ini. Dan akhirnya di angka 1 sebanyak 18,2% atau 6 responden sangat tidak setuju memilih Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dalam hal ini terlihat bahwa memilih Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 33,3% yaitu 11 responden adalah netral ini.


5. Pembelian Ulang Kartu SIM Telkomsel

Dari data tersebut, mengenai responden pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel dapat diketahui bahwa dari 33 responden sendiri ada sebanyak 13 responden memilih angka 5 dengan presentase 39,4% yang berarti 13 responden sangat setuju pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 4, sebanyak 24,2% atau 8 responden yang menyatakan dengan setuju pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 3, sebanyak 7 responden dengan presentase 21,2% yang menyatakan dengan netral pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel. Kemudian, di peringkat angka 2, sebanyak 9,1% atau 3 responden yang menyatakan dengan sangat tidak setuju pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel. Dan akhirnya di angka 1 sebanyak 6,1% atau 2 responden sangat tidak setuju pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel. Dalam hal ini terlihat bahwa pembelian ulang Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 39,4% yaitu 13 responden sangat setuju.


6. Pembelian Ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo

Dari data tersebut, mengenai responden pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo dapat diketahui bahwa dari 33 responden sendiri ada sebanyak 6 responden pada angka 5 dengan presentase 18,2% yang berarti 6 responden sangat setuju pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 4, sebanyak 12,1% atau 4 responden yang menyatakan dengan setuju pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 3, sebanyak 12 responden dengan presentase 36,4% yang menyatakan dengan netral atau biasa saja pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo. Kemudian, di peringkat angka 2, sebanyak 15,2% atau 5 responden yang menyatakan dengan sangat tidak setuju pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dan akhirnya di angka 1 sebanyak 18,2% atau 6 responden sangat tidak setuju pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dalam hal ini terlihat bahwa pembelian ulang Kartu SIM IM3 Ooredoo yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 36,4% yaitu 12 responden adalah netral ini.


7. Keyakinan Membeli Kartu SIM Telkomsel

Dalam hal keyakinan membeli Kartu SIM Telkomsel sendiri ada sebanyak 9 responden pada angka 5 dengan presentase 27,3% yang menyatakan sangat setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel. Lalu sebanyak 8 responden pada angka 4 dengan persentase 24,2% menyatakan setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel. Setelah itu ada terdapat 12 responden pada angka 3 dengan persentase 36,4% menyatakan netral atau biasa saja membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 2 ada sebanyak 3% atau 1 responden yang menyatakan tidak setuju atau tidak mau membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel dan terakhir 3 orang dengan persentase 9,1% yang menyatakan sangat tidak setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel. Dalam hal ini terlihat bahwa keyakinan membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 36,4% yaitu 12 responden adalah netral ini.


8. Keyakinan Konsumen Kartu SIM IM3 Ooredoo

Dalam hal keyakinan membeli Kartu SIM IM3 Ooredoo sendiri ada sebanyak 8 responden pada angka 5 dengan presentase 24,2% yang menyatakan sangat setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo. Lalu sebanyak 7 responden pada angka 4 dengan persentase 21,2% menyatakan setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo. Setelah itu ada terdapat 13 responden pada angka 3 dengan persentase 39,4% menyatakan netral atau biasa saja membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 2 ada sebanyak 3% atau 1 responden yang menyatakan tidak setuju atau tidak mau membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo dan terakhir 4 orang dengan persentase 12,1% yang menyatakan sangat tidak setuju membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dalam hal ini terlihat bahwa keyakinan membeli kartu jaringan operator selain Kartu SIM IM3 Ooredoo yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 39,4% yaitu 13 responden adalah netral ini.


9. Kepuasan Cepat dan Kuat dengan Kartu SIM Telkomsel

Dalam hal kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel sendiri ada sebesar 19 responden pada angka 5 dengan presentase 57,6% yang menyatakan sangat setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel. Lalu sebanyak 8 responden pada angka 4 dengan persentase 24,2% menyatakan setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 3 ada sebanyak 4 responden dengan persentase 12,1% menyatakan netral atau biasa saja kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel. Dan terakhir angka 1 sebesar 2 responden dengan persentase 6,1% yang menyatakan sangat tidak setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel. Dalam hal ini terlihat bahwa kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 57,6% yaitu 19 responden sangat setuju ini.


10. Kepuasan Cepat dan Kuat dengan Kartu SIM IM3 Ooredoo

Dalam hal kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo sendiri ada sebesar 9 responden pada angka 4 dengan presentase 27,3% yang menyatakan setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo. Lalu di angka 5 sebesar 8 responden yaitu 24,2% menyatakan sangat setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo lalu juga ada yang sama dengan angka 3 yaitu 8 responden yaitu 24,2% menyatakan netral atau biasa aja dalam kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo. Pada angka 2 ada sebanyak 4 responden dengan persentase 12,1% menyatakan tidak setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dan terakhir sebesar 4 responden dengan persentase 12,1% yang menyatakan sangat tidak setuju kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo. Dalam hal ini terlihat bahwa kepuasan cepat dan kuat Kartu SIM IM3 Ooredoo yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 27,3% yaitu 9 responden setuju ini.


11. Kecepatan Data Seluler Pengguna Kartu SIM Telkomsel

Dalam hal kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel sendiri ada sebesar 17 responden pada angka 5 dengan presentase 51,5% yang menyatakan sangat setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel. Lalu sebanyak 9 responden pada angka 4 dengan persentase 27,3% menyatakan setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel. Pada angka 3 ada sebesar 5 responden dengan persentase 15,2% menyatakan netral atau biasa saja kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel. Dan terakhir sebesar 2 orang dengan persentase 6,1% yang menyatakan sangat tidak setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel. Dalam hal ini terlihat bahwa kecepatan data seluler Kartu SIM Telkomsel yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 51,5% yaitu 17 responden sangat setuju ini.


12. Kecepatan Data Seluler Pengguna Kartu SIM IM3 Ooredoo

Dalam hal kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo sendiri ada sebanyak 11 responden pada angka 3 dengan presentase 33,3% yang menyatakan netral atau biasa saja kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo. Lalu sebesar 9 responden pada angka 5 dengan persentase 27,3% menyatakan sangat setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo. Pada angka 4 ada sebesar 5 responden dengan persentase 15,2% menyatakan setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo. Kemudian terakhir, pada angka 2 ada 4 responden dengan presentase 12,1% menyatakan tidak setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo, lalu juga yang sama di angka 1 ada 4 responden dengan persentase 12,1% yang menyatakan sangat tidak setuju kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo. Dalam hal ini terlihat bahwa kecepatan data seluler Kartu SIM Ooredoo yang diberikan kepada konsumen paling banyak adalah 33,3% yaitu 11 responden adalah netral ini.


PERILAKU KONSUMEN LOYAL

1. Rekomendasi Pengguna Kartu SIM Telkomsel

Terakhir dalam hal rekomendasi sendiri terdapat 30 responden dengan persentase 90,9% mereka bilang ya, ini mau merekomendasikan Kartu SIM Telkomsel kepada keluarga, teman maupun komunitas lain mereka, lalu 3 responden dengan persentase 9,1% ternyata mereka bilang tidak mau atau biasa saja merekomendasikan Kartu SIM Telkomsel kepada keluarga, teman maupun komunitas lain mereka.


2. Rekomendasi Pengguna Kartu SIM IM3 Ooredoo

Terakhir dalam hal rekomendasi sendiri terdapat 19 responden dengan persentase 57,6% mereka bilang ya, ini mau merekomendasikan Kartu SIM IM3 Ooredoo kepada keluarga, teman maupun komunitas lain mereka, lalu 14 responden dengan persentase 42,4% ternyata mereka bilang tidak mau atau biasa saja merekomendasikan Kartu SIM IM3 Ooredoo kepada keluarga, teman maupun komunitas lain mereka.


KESIMPULAN

Pada rangkuman indikator yang kedua pelanggan Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo dengan baik. Jadi ini peneliti yang akan dibuat menyimpulkan di setiap indikator responden mau terpisah antara Pengguna Kartu SIM Telkomsel dan Pengguna Kartu SIM Ooredoo.

Berdasarkan data diatas dengan melibatkan 33 responden dapat mengetahui kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap pengguna kartu SIM telkomsel dan IM3 ooredoo. Dengan hasil perhitungan menggunakan perhitungan indikator dapat ditemukan jawaban bahwa sebesar 803 (kartu SIM Telkomsel) dan 657 (kartu SIM IM3 Ooredoo) jawaban dari total responden menggunakan dengan loyalitas yang diberikan oleh kartu SIM telkomsel dan IM3 ooredoo. Maka sampai di bagian kesimpulan yaitu dapat dikatakan bahwa kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap pengguna kartu SIM telkomsel dan IM3 ooredoo berdasarkan kuesioner yang telah dilakukan adalah berhasil positif dalam arti konsumen merasa puas dan nyaman dalam menggunakan kartu SIM telkomsel dan IM3 ooredoo. Semua persenan sendiri berdasarkan dari 33 responden yang sudah terkumpul. Lalu terakhir dari merekomendasikan semua kepada orang lain yang perolehan skor tersebut termasuk pada indikator keberhasilan yang baik dan mayoritas responden menunjukkan loyalitas pada pengguna Kartu SIM Telkomsel dan IM3 Ooredoo.


Total semua jawaban dengan indikator adalah 990 jawaban yang terkumpul baik dari pertanyaan 1-12 maka :

a. Pengguna Kartu SIM Telkomsel

Total skor keseluruhan Kartu SIM Telkomsel adalah 803 responden.

Pengerjaan kategori skor minimal responden = 5.

Pengerjaan kategori skor maksimal responden = 33 per individu.

Interval = Skor Maksimal - Skor Minimal => 33 - 5 = 28.

Membagi menjadi 5 kategori, interval => 28/5 = 5,60.

Kategori:

5 < Skor < = 10 : Loyalitas tidak ada.

10 < Skor < = 15 : Loyalitas rendah.

15 < skor < = 20 : Loyalitas cukup.

20 < skor < = 25 : Loyalitas sedang.

25 < skor < = 30 : Loyalitas tinggi.

Loyaitas adalah Total Skor Keseluruhan / Jumlah Responden = 803/33 = 24,33.

Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa responden pengguna Kartu SIM Telkomsel merupakan responden yang loyal terhadap produk tersebut karena skor loyalitas sedang = 20 < 24,33 < = 25.


b. Pengguna Kartu SIM Ooredoo

Total skor keseluruhan Kartu SIM Telkomsel adalah 657 responden.

Pengerjaan kategori skor minimal responden = 5.

Pengerjaan kategori skor maksimal responden = 33 per individu.

Interval = Skor Maksimal - Skor Minimal => 33 - 5 = 28.

Membagi menjadi 5 kategori, interval => 28/5 = 5,60.

Kategori:

5 < Skor < = 10 : Loyalitas tidak ada.

10 < Skor < = 15 : Loyalitas rendah.

15 < skor < = 20 : Loyalitas cukup.

20 < skor < = 25 : Loyalitas Sedang.

25 < skor < = 30 : Loyalitas tinggi.

Loyaitas adalah Total Skor Keseluruhan / Jumlah Responden = 657/33 = 19,90.

Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa responden pengguna Kartu SIM IM3 Ooredoo merupakan responden yang loyal terhadap produk tersebut karena skor loyalitas cukup = 15 < 19,90 < = 20.

50 views0 comments

Comments


bottom of page