top of page
Writer's picturecompanyboen

PELUANG PASAR DALAM BISNIS MINUMAN KOPI DI YOGYAKARTA

  1. Tujuan Penelitian

Berdasarkan dari latar belakang penjualan minuman kopi masih dapat menjadi peluang pasar yang menjanjikan bagi pebisnis awalan maupun lama dan penyedia kebutuhan masyarakat, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis peluang pasar dalam bisnis minuman kopi di Yogyakarta


Saya mendapatkan pada bagian analisis segmentasi pasar dengan aspek

demografi dan psikografi pada tugas kelompok ini.


1. Analisis Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar akan dilihat melalui aspek demografis, psikografis, geografis, dan perilaku dalam melihat segmentasi dari konsumen minuman kopi. Data yang didapatkan melalui survey dan melibatkan sebanyak 51 responden konsumen yang meminum kopi untuk kemudian diolah hingga menghasilkan data sebagai berikut:


Aspek Demografi:

a. Aspek Demografis



Pada diagram diatas mengenai aspek demografis, menyatakan bahwa responden yang dominan adalah laki-laki dengan dinyatakan bahwa 45,1% adalah laki-laki dengan jumlah 28 responden dan 45,1% adalah perempuan dengan jumlah 23 responden.



Aspek demografi kedua adalah usia. Dimana pada diagram diatas menyatakan bahwa responden pada umur 16 - 20 tahun lebih mendominasi dengan presentase 70,6% dengan jumlah 36 responden. Setelah itu, pada umur 21-25 tahun dengan presentase 25,5% dengan jumlah 13 responden, serta pada umur 26-30 tahun adalah sisanya, dengan presentase 3,9% dengan jumlah 2 responden.



Pada aspek demografi ketiga adalah profesi atau pekerjaan. Dimana pada diagram diatas menyatakan bahwa responden yang dominan adalah profesi pelajar / mahasiswa dengan presentase 88,2% dengan jumlah 45 responden, lalu dilanjut dengan profesi / pekerjaan wiraswasta dengan presentase 9,8% dengan jumlah 5 responden, dan pada profesi buruh dengan presentase 2% dengan jumlah 1 responden.


Pada aspek demografis keempat adalah pendidikan akhir. Dimana pada digaram diatas menyatakan bahwa responden yang dominan adalah pendidikan akhir SMA/K dengan presentase 78,5% dengan jumlah 39 responden, dilanjut oleh pendidikan akhir S1 dengan presentase 19,6% dengan jumlah 10 responden, serta sisa terakhir dengan pendidikan akhir D1/D2/D3 dan SMP dengan persentase yang sama yaitu 2% dan dengan jumlah orang yang sama juga, yaitu 1 responden.



Pada aspek demografis kelima adalah pendapatan perbulan. Dimana pada diagram diatas menyatakan bahwa respoden yang dominan memiliki pendapatan <500.000 dengan presentase 32,1% dengan jumlah 17 responden. Lalu, urutan kedua yaitu responden dengan pendapatan perbulan 1.500.000 - 2.000.000, dengan presentase 18,9% dengan jumlah 10 respoden. Lalu, pada urutan ketiga, respoden dengan pendapatan 500.000-1.000.000 dan >2.000.000 memiliki presentase yang sama yaitu 17% dengan jumlah orang yang sama yaitu 9 responden. Serta sisanya yaitu responden dengan pendapatan perbulan 1.000.000 - 1.500.000 dengan presentase 15,1% dengan jumlah 8 responden.


b. Aspek Psikografis



Pada aspek psikografis yang pertama adalah jenis kopi yang sering dipesan oleh konsumen. Dimana pada diagaram diatas menyatakan bahwa responden yang dominan adalah responden yang sering memesan es kopi susu dengan presentase 31,4% dengan jumlah responden 16. Lalu, urutan kedua yaitu kopi latte, dengan presentase 25,5% dengan jumlah responden 13. Lalu, urutan ketiga yang sering memesan macchiato, dengan presentase 15,7% dengan jumlah responden 8. Lalu, yang keempat yaitu cappucino dengan presentase 11,8% dengan jumlah responden 6. Lalu, yang kelima adalah americano dengan presentase 9,8% dengan jumlah responden 5. Serta sisanya adalah mocha dan frappucino dengan presentase yang sama, yakni 2% dengan jumlah responden yang sama juga, yakni 1.






Pada aspek psikografi yang kedua mengenai pendapat responden apakah coffee shop adalah tempat untuk bersantai dan mengisi waktu luang? Pada diagram diatas menyatakan bahwa responden yang setuju adalah 84,3% dengan jumlah 43 responden, sedangkan untuk yang tidak setuju adalah 15,7% dengan jumlah 8 responden.




Pada aspek psikografis ketiga mengenai faktor apa yang membuat responden tertarik mengunjungi coffee shop? Pada diagram diatas menyatakan bahwa responden dominan menjawab faktor tempat yang proper dengan presentase 54,9% dengan jumlah 28 responden. Lalu, pada urutan kedua yaitu faktor kualitas, dengan presentase 37,3% dengan jumlah 19 responden, serta sisanya karena faktor harga, dengan presentase 7,8% dengan jumlah 4 responden.



Pada aspek psikografis keempat yaitu pendapat responden mengenai apakah mengkonsumsi kopi adalah kebutuhan? Pada diagram diatas menyatakan bahwa responden yang menjawab Ya memiliki presentase 51% dengan jumlah 26, sedangkan yang menjawab Tidak memiliki presentase 49% dengan jumlah 25 responden.



Pada aspek psikografis kelima yaitu pendapat responden mengenai apakah tata cara pembayaran di coffee shop dapat dilakukan dengan mudah? Pada diagram diatas menyatakan bahwa 98% responden menjawab Ya dengan jumlha responden 50, sedangkan sisanya menjawab tidak dengan presentase 2% dengan jumlah 1 responden.

25 views0 comments

Comments


bottom of page