top of page
Writer's picturecompanyboen

Segmentasi Pasar Ice Cream Mixue Daerah Yogyakarta

Updated: Mar 30, 2022





Mixue adalah perusahaan ice cream dan tea shop yang berdiri sejak tahun 1997, yang memiliki 3000 toko di China dan Vietnam dibawah naungan PT.ZHISHENG PACIFIC. Di tahun 2020 mulai membuka cabang di Indonesia. Perusahaan ini bergerak dibidang makanan dan minuman, yang semua bahan bakunya di import dari china, perusahaan juga bergerak dibidang franchise. Perusahaan ini memiliki 4 cabang di Yogyakarta, terdapat di daerah Seturan, Jalan Kaliurang, Seturan YKPN, Demangan. Dengan melakukan riset pasar dengan metode segmentasi pasar diharap membantu perusahaan yang diteliti, yaitu Mixue khususnya dalam region Yogyakarta.


Dalam riset ini, peneliti membuat riset segmentasi pasar dengan segmentasi menu Ice Cream Mixue yang terdapat di Yogyakarta.


Berdasarkan riset yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner Google Form terhadap 31 responden sebagai konsumen Ice Cream Mixue dengan aspek - aspek segmentasi yang terdiri dari demografi yang mencakup variabel jenis kelamin, profesi, status, dan pendapatan, behavioritas (perilaku konsumen) yang meliputi variabel pelayanan Mixue, serta psikografis yang mecakup variaebel gaya hidup.


Berikut, adalah hasil data yang diperoleh:


A. Data Metode Demografi

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa jenis kelamin konsumen Ice Cream Mixue 76,7% berjenis kelamin Perempuan dan 23,3% berjenis kelamis laki-laki.

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa pendapatan konsumen Ice Cream Mixue paling tinggi (40%) terdapat pada pilihan 300.000-900.000, urutan kedua (23,3%) pada pilihan > 1.000.000 urutan ketiga (20%) pada pilihan <300.000, dan urutan terakhir (16,7%) pada pilihan 900.000-1.000.000

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa usia konsumen Ice Cream Mixue diketahui 73,3% pada umur 16-20 tahun, lalu dibawah itu juga terdapat 23,3% pada umur 26-30 tahun.

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa pendidikan terakhir konsumen Ice Cream Mixue diketahui 73,3% pendidikan terakhir SMA, dan 23,3% dengan pendidikan terakhir S1.


Pernyataan data diatas, diketahui bahwa pekerjaan konsumen Ice Cream Mixue diketahui 93,3% adalah seorang mahasiswa.


B. Data Metode Behavioristis.

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa 76,7% konsumen Ice Cream Mixue merasa puas terhadap harga yang diberikan. Sisanya 13,3% merasa sangat puas terhadap harga yang diberikan oleh Mixue.

Pernyataan data diatas, diketahui bahwa 90% konsumen Ice Cream Mixue merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Mixue.

Pernyataan data diatas, diketahui kesimpulan bahwa alasa konsumen menyukai Ice Cream Mixue beradasarkan menu favoritnya karena enak dan sesuai selera


C. Data Metode Psikografik

Berdasarkan data diatas, maka diketahui 63,3% kosumen Ice Cream Mixue jarang membeli, dan sisanya 33,3% sering membeli Ice Cream Mixue.


Kesimpulan: Data-data yang didapatkan, dapat dijadikan deskripsi data penelitian dimana segmentasi pasar dari aspek demografis bahwa konsumen Ice Cream Mixue didominasi oleh Perempuan yang berumur sekitar 16-20 tahun dengan pekerjaan sebagai mahasiswa yang memiliki pendapatan sekitar 300.000-900.000 dan berlatar belakang pendidikan terakhir SMA. Dari aspek behavioristis konsumen merasa puas dengan pelayanan serta harga Ice Cream yang ditawarkan oleh Mixue, serta mereka menemukan kesukaannya sesuai dengan selera konsumen. Llau, pada aspek psikografik teranyata konsumen lebih banyak jarang membeli Ice Cream Mixue.



Sumber:



206 views0 comments

コメント


bottom of page